PERPUSTAKAAN PIP2B SUDAH DAPAT MELAYANI PENGUNJUNG, MULAI JAM 09.00 - 13.00 PADA HARI KERJA

Agar Septic Tank Tidak Mudah Penuh Dan Mampet

14-07-2017 oleh Devi

Septic tank

Septic tank adalah media untuk menampung air limbah khususnya tinja manusia. Sebagai manusia biasa selalu mengeluarkan zat sisa dalam tubuh dari makanan-makanan yang masuk ke dalam tubuh. Proses pembuangan tinja manusia tersebut melalui closet yang disalurkan lewat Pipa PVC berukuran 4" atau lebih menuju septictank.  Dalam beberapa literature di tentukan bahwa kebutuhan untuk penggelontoran menuju septiktank sebesar 25 liter per orang per hari.

Sebelum membuatnya, ada beberapa faktor yang sangat penting dalam menentukan dimensi ukuran septictank, yaitu tinggi rencana, panjang rencana, dan jumlah penghuni untuk menentukan volume air yang masuk pada septictank yang akan direncanakan. Selain itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar septictank tidak mudah penuh dan mampet. Berikut diantaranya:

1. Kemiringan Pipa

Kemiringan menentukan lancar tidaknya aliran tinja dari wc ke bak penampungan. agar mengalir lancar, kemiringan pipa minimal 2 persen, artinya setiap 100 cm terdapat perbedaan ketinggian 2 cm.

2. Pipa Saluran Yang Tepat

Pipa saluran berupa PVC, ukuran minimal adalah 4" (inch). sedang rumah yang mempunyai banyak wc, sebaiknya menggunakan diameteri pipa yang lebih besar. Buatlah saluran dari wc ke septictank saluran yang lurus tanpa belokan. karena apabila ada belokan atau sudut akan rentan mampet / buntu. sedangkan saluran dari bak pertama ke bak kedua sebaiknya menggunakan sambungan leter T, hal ini supaya limbah mengalir dari bak pertama hanya limbah cair saja. Jadi fungsi resapan akan lebih baik.

3. Bak Harus Kedap Air

Dinding dasar dan penutup bak pertama harus kedap air, agar limbah tidak mencemari lingkungan. Dianjurkan menggunakan beton cor namun bila ini memberatkan bisa diganti PC 1 : 3.

4. Pipa Udara

Pipa ini berfungsi membuang gas yang dihasilkan oleh limbah tinja, karena bila gas tidak bisa keluar maka limbah tidak akan bisa masuk karena terdorong gas dari dalam dan septictank akan terasa penuh, padahal belum.

5. Ketinggian Kloset Terhadap Septictank

Hal ini sangat berpengaruh terhadap dorongan air plus tinja mengalir kedalam septictank, dan mempengaruhi kelancaran pipa saluran antara wc dan septictank. Bila rumah anda berada di dataran yang rendah atau bekas sawah (rawa), hal ini akan sangat penting, mengingat tanahnya banyak mengandung air sehingga resapan air tanahnya relatif lambat. semakin tinggi jarak antara closet dengan septictank itu semakin baik

6. Sesuaikan Kapasitas Dengan Kebutuhan

Sebagai contoh, jika ukuran septittank 2m x 1m x 0,7 m, maka bak resapan bisa Anda buat dengan ukuran 2m x 0.7 m x 0,7 m.

Kebutuhan septiktank untuk setiap rumah memang berbeda-beda. Karena itulah sangat penting membuat perhitangan dan perencanaan mendetail sebelum membangun sebuah septic tank agar tidak terjadi permasalah seperti septic tank cepat penuh atau mampat nantinya.