PERPUSTAKAAN PIP2B SUDAH DAPAT MELAYANI PENGUNJUNG, MULAI JAM 09.00 - 13.00 PADA HARI KERJA

Amdal : Manfaat Dan Cara Membuatnya

28-07-2017 oleh Devi

 

Amdal

Amdal adalah singkatan dari Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Amdal adalah kajian mengenai dampak penting dan besar suatu kegiatan dan/ atau usaha yang direncanakan pada lingkungan hidup. Dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 27 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan dan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 16 tahun 2012, Dokumen Amdal terdiri dari Kerangka Acuan (KA), Andal (analisi Dampak Lingkungan Hidup), dan RKL-RPL (Rencana pengelolaan Lingkungan Hidup-Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup).

Untuk mendapatkan Amdal, yang harus kita lakukan pertama kali yaitu menyusun Kerangka Acuan atau disingkat KA kemudian mengajukannya ke Menteri, Gubernur, Bupati atau Walikota melalui Komisi Penilai Amdal sesuai dengan kewenangannya. Jika KA sudah disetujui, langkah selanjutnya yaitu kita harus menyusun ANDAl dan RKL-RPL yang diajukan kepada Menteri, Gubernur, Bupati atau Walikota melalui Komisi Penilai Amdal sesuai dengan kewenangannya. Setelah ANDAL dan RKL-RPL disetujui, kita akan mendapatkan rekomendasi kelayakan atau ketidaklayakan lingkungan. Nah selesailah proses pembuatan Amdal.

Manfaat Amdal

Amdal memiliki manfaat yang sangat besar, baik bagi pemerintah, pemrakarsa, maupun masyarakat. Manfaat Amdal secara umum menurut Sumardi, dkk (Geografi 2 : Lingkungan Fisik dan Sosial, hlm. 134 ) adalah untuk menjamin suatu usaha atau kegiatan pembangunan agar layak secara lingkungan. Layak secara lingkungan dalam hal ini berarti kegiatan tersebut sesuai dengan peruntukkannya sehingga dampak yang ditimbulkan dapat ditekan.

Sedangkan manfaat Amdal untuk pemerintah yaitu selain untuk menjaga agar pembangunan sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan, juga bermanfaat untuk mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan, menghindari konflik dengan masyarakat, serta sebagai wujud pertanggungjawaban pemerintah dalam rangka pengelolaan lingkunga hidup.

Selain memberikan manfaat untuk pemerintah, Amdal juga memberikan manfaat untuk pemrakarsa dan juga untuk masyarakat. Manfaat Amdal untuk Pemrakarsa diantaranya yaitu dapat menjadi referensi dalam peminjaman kredit, menjamin keberlangsungan usaha, sebagai bukti ketaatan hukum, serta interaksi saling menguntungkan dengan masyarakat sekitar.

Bagi masyarakat, Amdal akan berfungsi sebagai kontrol dan jembatan masyarakat untuk ikut serta terlibat dalam proses pengambilan keputusan dan mengetahui sejak dini dampak dari kegiatan yang akan dilakukan.

Yuk, jadi warga yang tertib!