PERPUSTAKAAN PIP2B SUDAH DAPAT MELAYANI PENGUNJUNG, MULAI JAM 09.00 - 13.00 PADA HARI KERJA

Game Kreteg: Asyiknya Belajar Sambil Bermain

27-11-2017 oleh Devi

Game Kreteg

Kemajuan teknologi informasi, termasuk di dalamnya teknologi perangkat lunak (software) yang pesat, dan didukung dengan ketersediaan perangkat komputer maupun gawai yang semakin beragam dan terjangkau oleh masyarakat umum mempermudah proses penyebarluasan informasi.

Balai PIPBPJK dengan cepat menangkap peluang ini dan memanfaatkannya sebagai media diseminasi materi bidang ke-PU-an dalam bentuk aplikasi permainan (game) dengan konsep optimalisasi rancang bangun jembatan yang bernama game “Kreteg”. Untuk merancang game ini, Balai PIPBPJK menggandeng pihak ketiga untuk bekerja sama, yaitu CV. Khasanah Konsultama.

Balai Pengujian, Informasi Permukiman dan Bangunan Dan Pengembangan Jasa Konstruksi (Balai PIPBPJK) DIY, yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas PUP Dan ESDM DIY, melalui Seksi Informasi Permukiman dan Bangunan (Sie IPB), memiliki tugas pokok dan fungsi pada lingkup penyampaian informasi pada bidang ke-PU-an, khususnya di sektor permukiman dan bangunan, termasuk di dalamnya yaitu layanan promosi peningkatan kapasitas atau inisiasi masyarakat agar lebih peduli terhadap kualitas lingkungan permukiman.

 “Kami berharap dengan diluncurkannya aplikasi game “Kreteg”, dapat meningkatkan layanan informasi yang dikelola PIP2B, Balai PIPBPJK DIY sehingga dapat pula meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk dapat  memanfaatkan informasi di bidang teknologi ke-PU-an secara lebih maksimal. Dengan ini, kami juga berharap kesadaran masyarakat semakin besar terkait pentingnya kekuatan struktur dan keselamatan pengguna jalan dalam rancang bangun jembatan” tutur Kusumastuti Sri Winahyu, ST., (18/10) selaku kepala Sie IPB dalam acara presentasi game.

Game “Kreteg” bisa Anda mainkan melalui perangkat PC di rumah maupun perangkat smartphone Anda. Game ini cukup ringan, Anda sudah dapat memainkannya hanya dengan menggunakan PC berkapasitas minimal RAM 4 Gb yang didukung Processor Dual Core 2.4 GHz, sedangkan untuk tampilan mobile, Anda cukup menggunakan smartphone atau tablet berprocessor 1 GBz yang didukung minimal RAM 1 Gb dan Os Android 4.1.

Tampilan dan alur game ini didesain sederhana namun atraktif, komunikatif, dan menarik untuk memancing minat Anda sebagai pengguna untuk terus memainkannya. Permainan ini terbagi dalam 9 tingkat dan jenis kesulitan yang berbeda. Uniknya, disetiap level permainan ini, terdapat sebuah pesan edukatif terkait rancang bangun jembatan.

Penasaran dan tertantang untuk menyelesaikan game ini? Silahkan instal game ini pada perangkat PC Anda atau download melalui playstore Anda dengan search key “Kreteg”. Game ini dapat anda instal secara gratis dan dapat Anda mainkan secara offline. Langsung saja instal aplikasinya dan dapatkan permainan yang seru dan edukatif  ini!

Google Play