PERPUSTAKAAN PIP2B SUDAH DAPAT MELAYANI PENGUNJUNG, MULAI JAM 09.00 - 13.00 PADA HARI KERJA

NSPM

TERPOPULER

No Judul / Nama Tahun Uraian
1 Metode pengambilan contoh kualitas air 1991 Metode pengambilan contoh ini meliputi persyaratan dan tata cara pengambilan contoh kualitas air untuk keperluan perneriksaan kualitas air yang mencakup pemeriksaan sifat fisik, kimia, mikrobiologi, biologi dan lain-lain.
2 Cara uji analisis ukuran butir tanah 2008 Cara uji ini merupakan prosedur untuk mendapatkan jumlah dari distribusi ukuran butir tanah.
3 Tata cara perencanaan dan pelaksanaan bangunan gedung menggunakan panel jaring kawat baja tiga dimensi (PJKB-3D) las pabrikan 2008 Standar Tata cara perencanaan dan pelaksanaan bangunan gedung dengan menggunakan panel jaring kawat baja tiga dimensi (PJKB-3D) las pabrikan ini meliputi perencanaan struktur dan konstruksi serta pengawasan pelaksanaan di lapangan.
4 Tata cara pelaksanaan fasilitas lingkungan rumah susun sederhana 2004 Standar ini memuat ketentuan-ketentuan tentang jenis dan besaran fasilitas lingkungan rumah susun sederhana campuran 5 lantai yang dibangun di lingkungan baru.
5 Tata cara pemadatan tanah 2000 standar ini mencakup tata cara pemadatan tanah yang meliputi metode pemadatan karakteristik bahan yang dipadatkan,pelaksanaan, dan pengendalian mutu pemadatan di lapangan

DEFINISI

NORMA :

Definisi Norma menurut Undang-undang no 25 tahun 2009 mengenai Pelayanan Publik adalah aturan atau ketentuan yang dipakai sebagai tatanan untuk penyelenggaraan pemerintah.

STANDAR :

Standar, atau lengkapnya standar teknis, adalah suatu norma atau persyaratan yang biasanya berupa suatu dokumen formal yang menciptakan kriteria, metode, proses, dan praktik rekayasa atau teknis yang seragam. Suatu standar dapat pula berupa perangkat formal lain yang digunakan untuk kalibrasi. Suatu standar primer biasanya berada dalam yurisdiksi suatu badan standardisasi nasional. Standar sekunder, tersier, cek, serta bahan standar biasanya digunakan sebagai rujukan dalam sistem metrologi.

PEDOMAN :

Pedoman adalah acuan yang bersifat umum yang harus dijabarkan lebih lanjut dan dapat disesuaikan dengan karakteristik suatu kegiatan tertentu (PP No. 25 tahun 2000)

MANUAL :

Manual adalah acuan operasional yang penerapannya disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik suatu kegiatan tertentu (PP No. 25 tahun 2000)